Resep Klepon " Telletubbies "

Resep Klepon " Telletubbies "
Siapa yang tidak mengenal kue yang satu ini ??? Kue ini adalah kue tradisional dari Indonesia khususnya dari tanah Jawa. Kue apakah itu ??? " KLEPON " . Unik yaa namanya... Hehhee...

Klepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Klepon sendiri mempunyai beragam warna,tentunya sesuai selera dari sang pembuatnya. Warna - warna ini akan membuat tampilan dari Kue Tradisional ini menjadi lebih menarik dan terkasan nikmat.

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, klepon tidak hanya terbuat dari tepung ketan saja. Berbagai bahan dasar yang bisa diolah menjadi klepon diantaranya ubi - ubian dan sejenisnya. Selain itu, isi klepon saat ini juga sangat beragam sekali sesuai selera dan kreatifitas dari sang pembuatnya.

Dalam resep kali ini saya akan berbagi info resep pembuatan klepon pada umunya, yaitu klepon dari bahan dasar tepung ketan dan isinya menggunakan gula merah seperti yang sudah saya coba sebelumnya. Dan klepon yang saya buat ini adalah klepon telletubbies. Kenapa saya kasih nama seperti itu ? Yaaa... Klepon yang saya buat ini sangat menarik sekali warnanya. Ditambah dengan bentuknya yang kecil-kecil yang menggemaskan itu layaknya kita sedang melihat telletubbies. Hehehehe... Rasanya pun juga sangat nikmat... Kita simak yuukk resepnya dibawah ini. 
Resep Klelon Telletubbies
Bahan - bahan :

• 150 gram tepung ketan
• ½ sdt garam
• 1 sdm gula pasir
• air secukupnya
• kelapa parut 
• pewarna makanan sesuai selera (disini saya memakai warna merah, kuning dan hijau) 
• Gula merah sebagai isinya
• Tusuk sate

Cara Membuat : 

  1. Campur secara merata tepung ketan dengan gula pasir dan garam. Campurkan pewarna makanan ke dalam air lalu tuangkan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis dan bisa di bentuk. 
  2. Ambilah sedikit adonan, pipihkan dan beri isi gula merah lalu di bentuk menjadi bulatan. Lakukan sampai semua adonan habis. 
  3. Didihkan air dalam panci, setelah mendidih masukkan adonan yang sudah dibentuk dan tunggu hingga adonan mengapung.
  4. Angkat lalu gulingkan dalam parutan kelapa. Kemudian susun klepon dalam tusuk sate dengan warna yang berbeda setiap tusuknya. Letakkan klepon dalam piring dan siap untuk disajikan. 



Thank you for reading the article Resep Klepon " Telletubbies " , don't forget to share if you think this article is useful.
https://resepseddap.blogspot.com/2016/12/resep-klepon-telletubbies.html

Related Posts:

0 Response to "Resep Klepon " Telletubbies ""

Post a Comment