Resep Roti Cane Cokelat Keju

Resep Roti Cane Cokelat Keju
Resep Roti Cane Cokelat Keju - "Roti Cane". Masih asing dengan nama makanan itu? Belum pernah menjumpai bahkan belum pernah merasakannya? Sama dong. Hehehehe. Awalnya saya juga tidak tahu sama sekali dengan makanan yang satu itu. Tapi saya penasaran dan langsung mencari artikel tentang makanan itu. 
Naahh dari yang saya dapat, ternyata Roti Cane atau canai ini adalah sejenis roti pipih (flat bread) dari India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai masak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta.  Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.

Di Indonesia, roti cane dihidangkan dengan kari kambing atau domba. Roti adalah kata dalam Bahasa Urdu, Melayu, dan Indonesia untuk kata bread dalam Bahasa Inggris. Sementara canai bisa merujuk kepada nama Kota Chennai di India, masakan Channa di India, atau kata canai yang berarti adonan yang digulung dalam Bahasa Melayu. Setelah saya mengerti hal itu, saya langsung ingin sekali membuatnya sendiri. Nah alhasil saya coba - coba mengkreasikannya dari resep yang saya dapatkan. Tidak susah kok cara membuatnya. Rasanya pun sangat lezat. Berikut adalah Resep Roti Cane Cokelat Keju yang simple dan sederhana :

Resep Roti Cane Cokelat Keju
Bahan - Bahan Roti Cane Cokelat Keju:
  • 500 gram tepung terigu 
  • 2 butir telur 
  • 175 ml air
  • ½ sdm garam
  • 100 gram mentega
  • 1 sdm minyak samin
  • Meses cokelat sesuai selera
  • Keju sesuai selera, di parut

Cara Membuat Roti Cane Cokelat Keju:
  1. Campurkan air, garam, minyak, dan telur. Aduk merata. Masukkan tepung terigu dan uleni adonan sampai rata. 
  2. Bulatkan adonan masing-masing per 70 gram, simpan dalam baskom dan tutup dengan plastik. Diamkan sekitar 1 jam, supaya adonan tidak lengket saat di gilas. 
  3. Ambil satu adonan, gilas menjadi lingkaran dengan diameter ±15 cm. Olesi dengan mentega, lalu gulung memanjang. Gulung kembali menyerupai konde, sampai seluruh adonan habis. Diamkan selama 10 menit. 
  4. Gilas kembali menjadi lingkaran dengan diameter ±15 cm. Siapkan wajan anti lengket, masukkan adonan lalu masak dengan api kecil. Bolak balik sampai kedua sisinya kecokelatan.
  5. Angkat lalu olesi lagi dengan mentega. Kemudian gepuk menggunakan 2 sendok besar supaya layer - layernya kelihatan.
  6. Letakkan diatas piring, taburi dengan meses cokelat dan keju parut. Bisa juga ditambahkan es krim di atasnya. Roti Cane Cokelat Keju siap dihidangkan. 
Nikmatilah selagi masih hangat, karena kenikmatan makanan di dapat saat masih terasa hangat. Hidangkan juga secangkir teh unuk pelengkapnya, agar lebih terasa nikmat dan lezat. Demikian sedikit Resep Roti Cane Cokelat Keju  yang bisa saya berikan. Selamat mencoba Sahabat dapur kurnia. Happy Cooking.

    Thank you for reading the article Resep Roti Cane Cokelat Keju , don't forget to share if you think this article is useful.
    https://resepseddap.blogspot.com/2016/12/resep-roti-cane-cokelat-keju.html

    Related Posts:

    0 Response to "Resep Roti Cane Cokelat Keju"

    Post a Comment