Resep Takoyaki Tabur Keju

Resep Takoyaki Tabur Keju
Haaiiii pecinta masakan Jepang, apakah kalian sudah mencicipi masakan yang satu ini ? Kebangetan banget dehh ya kalau pecinta masakan Jepang belum pernah melihat atau mencicipi masakan khas dari Jepang yang satu ini. Apa lagi kalau bukan "Takoyaki".  Apa sih "Takoyaki" itu  ????
Takoyaki (たこ焼き) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai camilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang.  Takoyaki sebaiknya dinikmati di tempat dalam keadaan panas-panas, walaupun pembeli sering meminta dibungkus untuk dibawa pulang.

Takoyaki merupakan jajanan populer yang dijual kios pasar kaget (yatai) sewaktu hatsumode (kunjungan pertama ke kuil di awal tahun baru) dan berbagai matsuri. Toko makanan ringan tradisional (dagashiya) yang merupakan tempat jajan anak sekolah sering menjual takoyaki dengan harga yang lebih murah. Kios takoyaki bisa dijumpai di toko swalayan di kota-kota besar di Jepang. Bahan rahasia (seperti baking powder) atau asinan jahe berwarna merah (benishōga) sering pula dicampurkan ke dalam adonan. Penjual yang senang berkreasi kadangkala menambahkan keju atau konnyaku ke dalam takoyaki. Saus yang dipakai biasanya adalah saus okonomiyaki walaupun ada juga saus khusus untuk takoyaki yang rasanya tidak jauh berbeda dengan saus okonomiyaki. Adapun jenis - jenis takoyaki adalah :
  1. Takoyaki polos : Tidak memakai saus, rasa kecap asin dan kadang-kadang dimakan bersama ponzu atau garam kasar
  2. Takoyaki dengan saus : Permukaan dioles dengan saus ditambah mayones, aonori dan katsuobushi.
  3. Takoyaki kecap asin : Permukaan dioles dengan kecap asin, sering dijumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya
  4. Akashiyaki (Tamagoyaki) : Penganan dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan dashi, dihidangkan berjajar di atas piring serupa talenan dan dimakan dengan mencelupkannya kedalam sup berbahan dasar dashi. 

Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, Takoyaki sekarang ini tidak hanya bisa kita jumpai di Jepang saja. Di negara - negara lain kita juga bisa menjumpai dan mencicipi Takoyaki. Bahkan di Indonesia sendiri sangat banyak tempat yang menjual atau membuat Takoyaki. Jadi... Bagi kalian yang ingin mencicipi masakan ini tidak perlu jauh - jauh datang ke Jepang karena di sekitar kita pun bisa dijumpai masakan tersebut. Dan jangan khawatir jika kita malas keluar untuk membelinya karena jauh atau karena isi dompet menipis... Hehehehe...  Karena kita bisa membuatnya sendiri lho... Nih aku bagi resepnya yaa... Kita belajar sama - sama...
Resep Takoyaki Tabur Keju
" Takoyaki tabur Keju "
Bahan - bahan : 
• 300 gram tepung terigu
• 150 ml air kaldu ayam
• 3 butir telur di kocok lepas
• ¾ sdm baking powder
• garam dan penyedap rada sesuai selera
• 3 batang daun bawang, di iris tipis
• 1 buah bawang bombay, di iris halus
• Gurita atau cumi - cumi ( sebagai isi) , di rebus setengah matang dan di potong dadu
• saus takoyaki, mayonaise dan keju (sudah di parut) sesuai selera
• katsuobushi dan aonori secukupnya

Cara membuat : 
  1. Campurkan bahan adonan seperti tepung terigu, telur, baking powder, kaldu ayam dan garam. Aduk hingga rata. 
  2. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak goreng dan gunakan api sedang. 
  3. Ratakan adonan tersebut hingga ke seluruh cetakan, kemudian masukkan bahan isian (gurita / cumi, daun bawang, bawang bombay) serta tambahkan penyedap rasa. Kemudian timpa kembali dengan adonan hingga tertutup.
  4. Masak takoyaki dengan cara di bolak - balik hingga matang merata, lalu angkat dan tiriskan. 
  5. Sajikan takoyaki di atas piring dan siram dengan saus takoyaki, mayonaise, aonori dan katsuoboshi. Terakhir taburi dengan parutan keju sesuai selera. Takoyaki Tabur Keju siap dihidangkan. 



Thank you for reading the article Resep Takoyaki Tabur Keju , don't forget to share if you think this article is useful.
https://resepseddap.blogspot.com/2016/12/resep-takoyaki-tabur-keju.html

Related Posts:

0 Response to "Resep Takoyaki Tabur Keju "

Post a Comment